Senin, 24 Oktober 2011


Kegiatan Patroli Menghadapi Hari Raya Idul Adha

Selain Patroli menyambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang juga melaksanakan kegiatan patroli dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Disini focus yang dilakukan pada saat patroli adalah masuknya hewan-hewan seperti sapi dan kambing yang akan dijadikan hewan untuk berkurban. Disini yang menjadi sorotan adalah kesehatan hewan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit hewan yang fatal akibatnya jika sampai terlambat mengetahui keberadaannya.

Pada patroli kali ini dilakukan sehari 2 kali dengan durasi yang lebih lama dibanding dengan patroli sebelumnya. Selain durasi yang lebih lama, personil yang bertugas juga menjadi lebih banyak. Jika patroli yang lalu hanya dua orang, patroli kali ini dilakukan oleh 3 orang sekaligus.

Untuk Patroli kali ini, petugas karantina dituntut unyk ekstra keras dalam memantau masuknya hewan-hewan kurban. Karena kapal yang membawa hewan-hewan tersebut tidak pasti kapan datangnya. Beberapa kali ditemukan kapal masuk pada pukul 1.00 dini hari.

Dengan adanya patroli yang dilakukan rutin ini diharapkan pengendalian terhadap hama penyakit hewan dan tumbuhan bisa ikendalikan dengan baik. Sehingga para pengusaha tidak perlu kawatir dalam menjalankan bisnis mereka yang berkaitan dengan dunia pertanian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar